Selasa, 17 Oktober 2017

New Media



Menurut para ahli :

Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru adalah teknologi komunikasi yang melibatkan komputer didalamnya. yang memfasilitasi penggunannya untuk berinteraksi  antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.

Menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelit meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

New Media atau Media Baru adalah istilah yang digunakkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Rata-rata media baru sering digambarkan dengan digital, dapat dimanipulasi, interaktif, dan tidak memihak. Sederhananya media baru adalah media yang terbentuk dari interkasi manusia dengan komputer dan internet.

Perkembangan New Media dari Masa ke Masa

Pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebih kuat. Tidak sampai 1980-an yang Alan Kay dan rekan-pekerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas ini."Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, bagaimanapun, tampaknya kita menyaksikan berbagai jenis hubungan paralel antara perubahan sosial dan desain komputer ,. Meskipun tidak berhubungan kausal konseptual masuk akal bahwa Perang Dingin dan desain Web berlangsung tepat waktu yang sama. "

Sampai tahun 1980-an media terutama bergantung pada media cetak dan analog siaran model, seperti orang-orang dari televisi dan radio . Lima dua puluh tahun terakhir telah melihat cepat transformasi menjadi media yang ditautkan pada penggunaan komputer digital, seperti Internet dan game komputer . Namun, contoh-contoh ini hanya representasi kecil dari media baru. Penggunaan komputer digital telah mengubah sisa 'tua' media, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan publikasi online . Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi seperti manipulasi gambar perangkat lunak seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing.

W. Andrew L. Shapiro (1999) berpendapat bahwa "munculnya baru, teknologi digital sinyal radikal pergeseran Potensi yang mengendalikan informasi, pengalaman dan sumber daya (Shapiro dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Russell Neuman (1991) menunjukkan bahwa sementara "media baru" memiliki kemampuan teknis untuk menarik satu arah, dan sosial ekonomi kekuatan tarik kembali ke arah yang berlawanan. Menurut Neuman, "Kami menyaksikan evolusi jaringan interkoneksi universal audio, video, dan komunikasi teks elektronik yang akan mengaburkan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan massa dan antara komunikasi publik dan swasta" (Neuman dikutip dalam Croteau dan Hoynes 2003: 322). Neuman berpendapat bahwa New Media akan:

* Mengubah arti jarak geografis.
* Memungkinkan untuk peningkatan yang sangat besar dalam volume komunikasi .
* Memberikan kemungkinan meningkatkan kecepatan komunikasi.
* Memberikan kesempatan untuk komunikasi interaktif.
* Memungkinkan bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah untuk tumpang tindih dan interkoneksi.

Akibatnya anggapan dari cendekiawan seperti Douglas Kellner , Callum Rymer dan James Bohman bahwa media baru, dan terutama internet, memberikan potensi yang demokratis postmodern ruang publik, di mana warga negara dapat berpartisipasi dalam informasi dengan baik, debat non-hirarkis berkaitan dengan struktur sosial mereka. positif dari penilaian potensi dampak sosial yang baru adalah media sarjana Berbeda seperti Ed Herman dan Robert McChesney yang telah menyarankan bahwa transisi ke media baru telah melihat beberapa kuat transnasional telekomunikasi perusahaan yang mencapai tingkat pengaruh global yang sampai sekarang terbayangkan .

Kontribusi ke lapangan seperti Callum Rymer (2009) dan presentasi baru-baru ini di Wikipedia, serta Lister et al. (2003) dan Friedman (2005) telah menyoroti baik dan negatif potensial dan aktual implikasi positif dari teknologi media baru, menunjukkan bahwa beberapa karya awal ke dalam studi media baru bersalah karena teknologi determinisme - dimana dampak media ditentukan oleh teknologi sendiri, daripada melalui menelusuri jaringan sosial kompleks yang diatur pengembangan, pendanaan, pelaksanaan dan pengembangan teknologi masa depan apapun.

Kelebihan dan Kekurangan New Media

Walaupun New Media sangat dibutuhkan di zaman sekarang, dari berbagai sudut kehidupan dan berbagai profesi, namun semua hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

    Kelebihan
  • Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
  • Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan.
  • Sebagai media hiburan contohnya game daring, jejaring sosial, menonton video dan lain-lain.
  • sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien.
   Kekurangan
  • Rawan Pencurian data, karean data dikirim secara daring, otomatis semua orang dapat mengakses hal tersebut.
  • Virus
  • Sifat malas, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk bepergian, karena semua bisa diakses dan dikerjakan secara daring.
Prediksi New Media yang akan Datang


1. Analitik sosial yang lebih menyeluruh memberi lebih banyak peluang untuk personalisasi konten.
Tak seorang pun menyukai konten yang tidak relevan untuk kebutuhannya. Ini semakin benar apabila berinteraksi dengan merk yang anda ketahui dan cintai, hal terakhir yang anda mau adalah konten generik yang tidak memberikan sesuatu yang unik kepada anda.
Faktanya, ada tiga dari empat orang yang frustrasi saat mendapat konten yang tidak relevan.
Personalisasi yang ditingkatkan bagi audiens adalah tren mayoritas di pemasaran konten, yang sampai juga ke media sosial. Dengan berevolusinya platform sosial, alat analitiknya dan fitur untuk bisnis akan semakin detil dan berharga bagi sebuah merk.
Data seperti ini berarti pemasar akan lebih punya pemahaman yang dibutuhkan untuk membuat konten yang dipersonalisasi dengan lebih baik. 

2.Fitur platform yang tumpang tindih berarti harus lebih selektif.
Baik Snapchat dan Instagram sama-sama punya fitur video dan konten visual berwaktu, sehingga poin utama dari diferensiasi bertumpu pada audiens dan jangkauannya.
Instagram Story mempunyai jangkauan lebih luas dan mendapat banyak pelibatan; sekitar 10 persen pengikut selebgram membuka Story setiap hari, yang lebih baik dari Snapchat. 
Snapchat di sisi lain terus mendominasi kelompok usia remaja.
Dengan lebih banyaknya platform terus menawarkan fitur yang mirip bahkan sama, merk dan pemasar harus lebih selektif terhadap yang mereka pilih. Gunakan keunggulan analitik dan fitur pelaporan untuk mengidentifikasi platform yang memberikan keuntungan terbaik.

3. Penyimakan sosial akan memberikan merk sebuah keunggulan dalam pesan daring.
Ketimbang sekadar menelusuri konten seperti apa yang dibuat oleh pesaing atau apa yang mereka bagikan di media sosialm anda sebaiknya juga memonitor penyebutan terhadap mereka serta apa yang dikatakan orang-orang; dan menggunakannya sebagai metrik untuk membandingkan kinerja anda.
“Menggunakan pemonitoran situs, anda dapat mengumpulkan sejumlah besar data terkait perusahaan anda maupun pesaing-pesaingnya yang bisa dimanfaatkan untuk strategi pemasaran. Di Brand24, penelitian kami menunjukkan bahwa dalam sebulan, sekitar 14.000 pencarian daring dimulai dengan ‘Can anyone recommend?’ dan sekitar 30.000 pencarian diawali dengan ‘Where can I buy?’ Sekitar 60 persen pertanyaan tersebut tidak mendapatkan balasan dari perusahaan; yang merupakan peluang besar,” kata Magdalena Urbaniak, manajer komunikasi global di Brand24.
Urbaniak menambahkan bahwa mengawasi penyebutan sosial ini dapat menunjukkan apa yang disukai dan tidak disukai audiens, yang dapat menjadi ide peningkatan merk.
Melibatkan diri dalam penyimakan sosial dapat memberi informasi berharga terkait kinerja pesaing anda dan audiens anda yang dipakai untuk strategi konten anda.

4. Video akan semakin mendapat tempat dalam strategi konten sosial
Semua orang tahu bahwa konten video adalah populer dan dengan demikian penting bagi sebuah merk. Dan dengan terus diperbaharuinya algoritma sosial, video akan semakin berharga untuk menciptakan pelibatan dan mendapatkan pengikut.
Pada kenyataannya, berdasarkan pengalaman Influence & Co, video di Facebook mendapatkan pelibatan yang lebih tinggi, ada lebih banyak orang yang berkomentar dan mengirimkan ‘like’ serta membagikan kembali.
Fitur pelaporan Facebook juga menolong anda mengetahui bagaimana kinerja sebuah video dibandingkan dengan kiriman yang lainnya.
Fitur Story di Instagram maupun Snapchat juga memberikan peluang yang lebih baik bagi sebuah merk untuk membuat konten video dan membagikannya dengan cepat kepada para pengikut.
Jelas sekali video menjadi semakin penting. Memiliki kemampuan untuk membuat konten tersebut serta strategi yang terkai dengannya untuk konten tertulis di blog dan publikasi lainnya, akan sangat penting bagi merk di tahun 2018.

5. Facebook menjadi semakin mobile
Tahun 2020, diprediksi sekitar 59 persen pengguna Facebook di Amerika mengaksesnya hanya lewat ponsel dan 80 persen pendapatan iklan perusahaan datang dari iklan mobile.
Facebook adalah salah satu platform media sosial terakhir yang tidak didesain sedari awal untuk hadir di mobile. Meninjau aplikasi populer seperti Instagram dan Snapcha, dapat dilihat tren berupa aplikasi sosial khusus atau (kebanyakan di mobile).
Optimisasi mobile telah menjadi andalan pemasar yang melek teknologi untuk beberapa saat, namun dengan Facebook semakin didominasi oleh mobile, merk-merk tak akan lagi punya alasan untuk menciptakan konten yang dioptimalisasi bagi mobile.

6. Chatbot akan membuat layanan konsumen lebih cepat dan mudah.
Koneksi instan akses internet yang tersebar luas telah mengondisikan kita untuk menginginkan barang secepatnya sampai di tangan. Hal ini menyebabkan banyak bisnis melakukan salah satu dari dua hal: merespon terlalu cepat yang membuat terjadi kesalahan dan kualitas jasa yang jelek.
Di sinilah peran chatbot dibutuhkan khususnya lewat Facebook Messenger.
Chatbot memberikan peluang untuk berinteraksi secara cepat dengan audiens lewat cara yang hangat; anda dapat mengostumisasi suara merk anda dan mengirimkan konten kepadanya secara langsung.
Mungkin itulah alasan ada sekitar 100.000 bot aktif setiap bulan di Facebook Messenger dan sekitar 2 milyar pesan berseliweran tiap bulan.

INTERNET



Sejarah Singkat Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Kejadian Penting
1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958 Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.

Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.

Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

1965 Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1968 Jaringan Tymnet dibuat.

1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.

1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet" .

1972-1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.

1973 ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

1974 Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

1974 Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.

1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET. 1978 Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).

1979 Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

1982 Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.


1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Penerapan & Pemanfaatn Internet dalam Kehidupan Umum

Internet adalah hal yang menjadi kebutuhan hidup kita, di jaman yang sudah modern ini internet tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bayangkan betapa sulitnya hidup kita tanpa ada internet sekarang. Dengan internet kita bisa melakukan apapun, mencari informasi, membeli sesuatu, berkomunikasi dan lain-lain. internet memang membuat dunia menjadi kecil dan mempemudah hidup. Berikut adalah penerapan internet dalam kehidupan umum atau sehari-hari.


  • INFORMASI
Bagi orang awam, internet tidak lain adalah kumpulan situs. Ada banyak sekali situs yang melayani berbagai keperluan. Ada situs-situs berita, situs jejaring sosial, situs yang menyediakan informasi dan berbagai situs bisnis dan organisasi. Kebanyakan diantaranya juga sering diperbaharui untuk memberikan informasi kepada pengguna. Anda dapat menemukan segala sesuatu hanya dengan browsing di beberapa situs. Hal ini telah membuat akses informasi menjadi lebih murah dan mudah. ini adalah penggunaan internet yang paling umum yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.


  • BISNIS

Banyak perusahaan yang menggunakkan fasilitas internet dalam keseharian seperti mengirim dan menerima e-mail. Bahkan internet dapat dijadikan ajang penghasilan bagi yang ingin bekerja lewa internet.


  • JEJARING SOSIAL
Penggunaan internet untuk media sosial sangat populer dikalangan segala  usia. Ada banyak situs-situs jejaring sosial yang digunakan oleh orang-orang untuk berkomunikasi. Website tersebut menyediakan platform yang efektif untuk memfasilitasi interaksi. hal ini banyak digunakkan sebagai alat komunikasi melalu sarana seperti situs-situs komunitas, chatting, blog, dan sebagainya.


  • HIBURAN
Internet dalam kehidupan umum juga digunakan sebagai hiburan. Banyak sekali fasilitas yang ada di internet yaitu, kita bisa menonton film, mendengarkan music, dan juga bermain game online/.

Penerapan Internet dengan New Media


Penerapan new media dalam internet pada zaman sekarang ini sudah sangat pesat. sudah banyak media media yg bisa digunakan untuk membantu user dalam pencarian informasi , dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti facebook, twitter, plurk, myspace dll juga sudah menerapkan new media.

services1

Contohnya saja myspace, dengan myspace kita bisa mengupload video, dan menshare-nya seperti pada sebuah web blog, akan tetapi blogging bukan merupakan bisnis utama dalam MySpace. Anggota jejaring ini bisa melihat tampilan video di MySpace via ponsel. Bahkan, penggunaan video mobile MySpace bisa mengalahkan video streaming YouTube. MySpace termasuk jejaring sosial yang penuh aplikasi. Sampai Maret 2008, 2,1 juta aplikasi diinstal ke komunitas MySpace. Salah satunya, truth box untuk komunikasi. Dalam sehari, tercatat sekitar 117 juta pengunjung menyambangi MySpace. Sampai awal tahun 2008 anggota MySpace paling banyak bermukim di AS. Namun, di Indonesia situs ini tidak begitu populer.


Selain myspace ada juga youtube. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang situs video streaming yang populer ini bahkan mungkin ygang paling lengkap dan variatif.dengan youtube kita bisa meng-upload video dan bisa diakses oleh seluruh dunia secara gratis.

Kelebihan Penerapan Internet dan New Media


Kelebihan Teknologi Internet dan New Media yang sering digunakan Pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari-hari antara lain, Internet sebagai:

  1. Sebagai Media Pembelajaran Dengan menggunkan Internet kita dapat mencari materi-materi tentang pelajran kita disekolah, Kita dapat menemukan semuanya diinternet dan itu pun sangat mudah untuk dicari. 
  2. Sebagai Media Hiburan Selain mencari materi diinternet, kita juga dapat mendapatkan hiburan melalui game-game yang sudah tersebar diberbagai situs game. Game Online dan Game Offline juga sudah banyak diinternet, tinggal kita saja yang harus memilih apakah game ini cocok untuk kita, atau tidak. 
  3. Sebagai Media Bisnis Internet pun sudah bisa digunkan untuk melakukan bisnis yang seding disebut (Bisnis Online). Bisnis online bisa kita lakukan difacebook, atau melaui situs-situs Bisnis Online yang sudah banyak berada diIndonesia. Contoh: OLX dan lain sebagainya 
  4. Sebagai Media Kreatif Kita bisa membagikan karya kita di internet seperti halnya, Puisi, karya fotografi, pidato, cerpen, video dan lainnya Bagaimana caranya, Bisa melalui blog. Kalian bisa memposting karya kalian melalui blog yang kalian buat. Contoh New Media yang di gunakan, antara lain Game Komputer '
Kekurangan Penerapan Internet dan New Media

Setiap hal yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan, begitu juga dengan penerapan internet dan new media. Hal ini memiliki kekurangan antara lain. :

1.KETERGANTUNGAN PADA JARINGAN TELEPON dan INTERNET SERVICE      PROVIDER. (ISP)
Fasilitas jaringan telepon dan ISP sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet dan kemungkinan akses secara keseluruhan. Hingga saat ini, biaya penggunaan Internet di Indonesia masih relatif mahal, karena tarif telepon ditentukan berdasarkan pulsa yang digunakan, bukannya atas dasar jumlah panggilan (number of calls). Selain itu, saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang pada gilirannya menyebabkan waktu akses menjadi lebib lama dan biaya akses menjadi mahal. Sementara itu, terbatasnya bandwidth sistem transmisi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang mengakses pada waktu bersamaan memperparah akses terhadap Internet.

2.SELEKTIVITAS dan ANONIMITAS
Salah satu persoalan dalam riset lewat Internet adalah sulitnya mengidentifikasi identitas responden. Setiap orang, termasuk yang bukan target respon, bisa mengisi kuesioner secara on-line tanpa bisa dicegah atau dibatasi. Belum lagi -adanya kenyataan bahwa setiap orang bisa memiliki sejumlah alamat e-mail berbeda dan belum tentu menggunakan identitas asli. Semua ini membuat riset secara on-line harus benar-benar selektif dalam menentukan sampling dan cara responden memberikan 

3. KARAKTERISTIK DEMOGRAFIS PEMAKAI INTERNET
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa Internet lebih efektif untuk menjangkau responden yang termasuk kelompok berdaya beli atau berpenghasilan dan berpendidikan relatif tinggi. Dengan demikian Internet kurang efektif bagi penelitian yang kelompok sampeinya adalah masyarakat golongan menengah ke bawah.

4. CLUTTER dan “NEVER-ENDING SEARCH”
Informasi yang tersedia di Internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya dibutuhkan. Pencarian tanpa strategi khusus bisa diibaratkan mencari jarum’ * dalam jerami, sehingga sang peneliti ‘terjerumus’ ke dalam belantara informasi tanpa ujung. Ini
sering membuat peneliti pemula di Internet mengalami frustrasi, karena bukannya mendapatkan informasi, tet.api justr’u menghabiskan waktu dan uang untuk pencarian yang tak tentu arah. Selain itu, godaan di Internet relatif amat besar, terutama bagi mereka yang suka menelusuri situs-situs pornografi, yang ujung-ujungnya membuat pencarian informasi menjadi tidak efektif dan lepas kendali.

5. RELIABILITAS dan VALIDITAS SUMBER ACUAN HASIL RISET
Setiap orang bebas membuka homepage sendiri dan menampilkan berbagai informasi di sana. Implikasinya, tidak semua data dan informasi yang didapatkan lewat Internet andal dan valid untuk dijadikan acuan dalam penelitian. Selain itu, sumber informasi di Internet mudah berubah, misainya homepage yang telah berubah atau bahkan sudah tidak ada lagi. Akibatnya, peneliti harus selalu mencermati perubahan tersebut bila mengutip sumber bersangkutan.

6. VIRUS
Salah satu masalah yang juga tak kalah peliknya adalah risiko terkena virus komputer yang mudah menyebar lewat jaringan Internet, baik lewat e-mail maupun file-file yang di-download. virus ini biasanya merusak sistem komputer dan tidak jarang komputer tersebut rusak.

7. TIDAK ADA FILTER YANG TANGGUH
Banyak yang mencoba memfilter informasi di internet, namun kenyataannya hal itu tidak bisa dengan mudah menyingkirkan informasi yang membahayakan atau tidak pantas. Sejauh ini tidak ada filter yang tangguh untuk memfilter internet dari pornografi dan pembajakan.

8. PENGAWASAN HUKUM MASIH LEMAH
SOPA PIPA negara adidaya pun keder di mata kebebasan internet. Kebijakan atas nama perlindungan karya ini tidak mampu membendung pelanggaran hak cipta. Pengawasan hukum pun masih sangat lemah karena belum adanya kesepatakan dan kesepahaman antar pengguna Internet tentang kebebasan.

9. PRIVASI MUDAH DI BOBOL
Masih ingat kasus tabu artis beberapa tahun lalu? Inilah ruang privasi yang terpublikasi tanpa tedeng aling-aling dengan cepat menyebar dan menjalar ke seluruh publik yang ujung-ujungnya merugikan semua pihak.
10. INFORMASI PALSU DI MANA-MANA (HOAX)
Ada milyaran informasi di jagad maya, namun Anda harus bijak memilah informasi tersebut dengan klarifikasi ke situs-situs lain karena bisa saja informasi yang Anda anggap benar tersebut adalah HOAX atau palsu belaka.

Cara Mengatasi.

  • Mengurangi pemakaian Internet
  • Menyaring berita-berita yang ada, dengan mencari tahu kebenarannya dan tidak terpengaruh berita-berita palsu (Hoax).
  • Tidak menggunakkan perangkat lunak bajakan.
  • Mengurangi pemakaian jejaring sosial
  • Mencari informasi yang positif saja.
  • Tidak sembarangan memberikan alamat e-mail atau pun identitas kepada situs sembarangan.

Daftar Pustaka:
  • https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/
  • http://vandredi-blog.blogspot.co.id/2010/10/sejarah-new-media.html
  • http://dimbodim.blogspot.co.id/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html
  • https://kumparan.com/jejaktekno/6-prediksi-tren-media-sosial-2018
  • http://handpage.blogspot.co.id/p/sejarah-singkat-internet.html
  • http://ardijembew.blogspot.co.id/2016/01/manfaat-teknologi-internet-dan-new.html
  • http://mayfelruusmilan.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar