Minggu, 20 Oktober 2019

Penulisan Ilmiah


Judul PI :
          Rancang bangun aplikasi location based service di Depok      menggunakkan android studio
Nama Dosen pembimbing :
          Dr. Karmilasari, S.Kom, MM
Software :
          Android Studio
Metode penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :

          Jadi pertama saya melakukkan analisi permasalahan yang diteliti, yaitu adalah di Indonesia saat ini olahraga basket sudah mulai digemari oleh kalangan anak muda, oleh karena itu olahraga basket pun mulai banyak di mainkan, namun untuk memainkan olahraga basket kita tentunya harus mempunyai yang pertama adalah bola kemudian lapangan. Masalah mulai timbul ketika kita tidak memiliki lapangan, namun tentu saja kita bisa menggunakan lapangan basket di taman-taman terdekat, tetapi kita jarang tahu atau pun menemukan lapangan basket terdekat dari rumah ataupun dari daerah sekitar kita. Maka dari itu saya tertarik untuk merancang dan membangun aplikasi pencari lapangan basket terderkat, yang nantinya dapat membantu permasalahan pencarian lapangan basket yang dihadapi oleh banyak pemuda di Depok.
          Setelah itu, saya akan merancang sistem yang nantinya akan diimplementasikan ke aplikasi. Perancangan ini menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language).  Diagram yang digunakan adalah diagram use case, activity dan class. Jadi, pada aplikasi ini nantinya akan memiliki sebuah informasi berupa peta dengan beberapa lokasi lapangan, alamat serta gambar lapangan.
          Setelah merancang sistem yang akan digunakan seperti apa, saya kemudian merancang struktur navigasi. Struktur navigasi yang digunakan pada aplikasi ini adalah struktur navigasi campuran, dimana struktur navigasi campuran adalah struktur navigasi gabungan antara struktur navigasi hirarki dengan struktur navigasi linear.
          Setelah merancang struktur navigasi, kemudian yang dilakukkan adalah perancangan tampilan. Pada tahap ini saya membuat 5 buah rancangan tampilan yang akan dipakai pada aplikasi nantinya. Yang pertama adalah rancangan tampilan splashscreen, pada rancangan ini hanya terdapat gambar dengan tulisan judul dari aplikasinya. Kedua rancangan tampilan menu utama, dalam rancangan ini menu utama memiliki 3 buah button yang masing-masing bernama, map, tentang dan exit. Ketiga tampilan halaman map, pada tampilan halaman map ini berisikan peta dengan 5 lokasi lapangan basket lengkap dengan alamat dan gambar dari lapangan tersebut. Disertakan juga rute dengan me-redirect ke aplikasi google maps  untuk mencari rute terdekat dan tercepat. Keempat adalah tampilan halaman tentang yang berisikan profil aplikasi dan profil dari pembuat. Kelima adalah perancangan tampilan halaman keluar, dimana hanya terdapat sebuah button untuk mengakhiri aplikasi.
          Setelah merancang tampilan, program akan dibuat. Program dibuat menggunakan android studio menggunakkan API, dimana API ini adalah kunci untuk memberikan akses peta ke aplikasi kita nantinya kemudian untuk tampilannya menggunakan XML dimana XML adalah bahasa untu merancang tampilan pada android. Kemudian saya menambahkan kordianat serta alamat untuk letak lapangan-lapangan basket yang akan dimasukkan ke aplikasi.
          Setelah itu tahap uji coba, dimana tahap ini terdiri dari uji coba fitur dan perangkat serta uji coba pengguna. Uji coba fitur dan perangkat dilakukkan agar mengetahui fitur apa saja yang berfungsi di perangkat mana. Sedangkan uji coba pengguna dilakukkan untuk mengetes tampilan, kelengkapan dan lain-lain.
Kelebihan aplikasi :
·         Mudah diakses
·         Mempunyai perkiraan waktu tempuh dan jarak tempuh
·         Ringan
·         Lengkap dengan alamat dan gambar.
Alasan mengapa PI saya menjadi lambat dikarenakan saya harus mempelajari software andorid studio agar dapat menggunakkannya dan merancang sebuah aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar