Judul PI :
Rancang bangun aplikasi location based
service di Depok menggunakkan android
studio
Nama Dosen pembimbing :
Dr. Karmilasari, S.Kom, MM
Software :
Android Studio
Metode penelitian
yang dilakukan adalah sebagai berikut :
Jadi
pertama saya melakukkan analisi permasalahan yang diteliti, yaitu adalah di
Indonesia saat ini olahraga basket sudah mulai digemari oleh kalangan anak
muda, oleh karena itu olahraga basket pun mulai banyak di mainkan, namun untuk
memainkan olahraga basket kita tentunya harus mempunyai yang pertama adalah
bola kemudian lapangan. Masalah mulai timbul ketika kita tidak memiliki
lapangan, namun tentu saja kita bisa menggunakan lapangan basket di taman-taman
terdekat, tetapi kita jarang tahu atau pun menemukan lapangan basket terdekat
dari rumah ataupun dari daerah sekitar kita. Maka dari itu saya tertarik untuk
merancang dan membangun aplikasi pencari lapangan basket terderkat, yang
nantinya dapat membantu permasalahan pencarian lapangan basket yang dihadapi
oleh banyak pemuda di Depok.
Setelah
itu, saya akan merancang sistem yang nantinya akan diimplementasikan ke
aplikasi. Perancangan ini menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language). Diagram yang digunakan adalah diagram use
case, activity dan class. Jadi, pada aplikasi ini nantinya akan memiliki sebuah
informasi berupa peta dengan beberapa lokasi lapangan, alamat serta gambar
lapangan.
Setelah
merancang sistem yang akan digunakan seperti apa, saya kemudian merancang
struktur navigasi. Struktur navigasi yang digunakan pada aplikasi ini adalah
struktur navigasi campuran, dimana struktur navigasi campuran adalah struktur
navigasi gabungan antara struktur navigasi hirarki dengan struktur navigasi
linear.
Setelah
merancang struktur navigasi, kemudian yang dilakukkan adalah perancangan
tampilan. Pada tahap ini saya membuat 5 buah rancangan tampilan yang akan
dipakai pada aplikasi nantinya. Yang pertama adalah rancangan tampilan
splashscreen, pada rancangan ini hanya terdapat gambar dengan tulisan judul
dari aplikasinya. Kedua rancangan tampilan menu utama, dalam rancangan ini menu
utama memiliki 3 buah button yang masing-masing bernama, map, tentang dan exit.
Ketiga tampilan halaman map, pada tampilan halaman map ini berisikan peta
dengan 5 lokasi lapangan basket lengkap dengan alamat dan gambar dari lapangan
tersebut. Disertakan juga rute dengan me-redirect
ke aplikasi google maps untuk mencari rute terdekat dan tercepat.
Keempat adalah tampilan halaman tentang yang berisikan profil aplikasi dan
profil dari pembuat. Kelima adalah perancangan tampilan halaman keluar, dimana
hanya terdapat sebuah button untuk mengakhiri aplikasi.
Setelah
merancang tampilan, program akan dibuat. Program dibuat menggunakan android
studio menggunakkan API, dimana API ini adalah kunci untuk memberikan akses
peta ke aplikasi kita nantinya kemudian untuk tampilannya menggunakan XML
dimana XML adalah bahasa untu merancang tampilan pada android. Kemudian saya
menambahkan kordianat serta alamat untuk letak lapangan-lapangan basket yang
akan dimasukkan ke aplikasi.
Setelah
itu tahap uji coba, dimana tahap ini terdiri dari uji coba fitur dan perangkat
serta uji coba pengguna. Uji coba fitur dan perangkat dilakukkan agar
mengetahui fitur apa saja yang berfungsi di perangkat mana. Sedangkan uji coba
pengguna dilakukkan untuk mengetes tampilan, kelengkapan dan lain-lain.
Kelebihan aplikasi :
·
Mudah diakses
·
Mempunyai perkiraan
waktu tempuh dan jarak tempuh
·
Ringan
·
Lengkap dengan
alamat dan gambar.
Alasan mengapa PI saya menjadi lambat dikarenakan saya
harus mempelajari software andorid studio agar dapat menggunakkannya dan
merancang sebuah aplikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar